Jenis-jenis Format Dokumen

Maret 3, 2011 at 2:39 am Tinggalkan komentar

PDF

PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Pada Acrobat 3-D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen tiga dimensi. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1:2008.

Ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun 1993, tingkat penggunaan dokumen berformat PDF relatif rendah. Pada saat itu perangkat lunak untuk membuat dokumen PDF (Adobe Acrobat) dan perangkat lunak untuk membacanya (Acrobat Reader, sekarang Adobe Reader) tersedia secara komersial, tidak didistribusikan gratis. Versi-versi awal PDF tidak mendukung fasilitas pranala luar, yang membuatnya kurang terintegrasi dengan World Wide Web, dan penambahan besar ukuran berkas PDF pada paket data yang dikirimkan membuatnya lambat untuk diunduh (download) dengan tingkat kecepatan modem pada saat itu. Penyebab lain kekurangpopuleran PDF pada masa itu disebabkan karena format berkas PDF harus bersaing dalam tingkat penggunaannya dengan format lain seperti Envoy, Common Ground Digital Paper, dan PostScript (.ps). PostScript adalah format yang juga diciptakan oleh Adobe dan sebagian fungsinya diimplementasikan pada PDF. Laju peningkatan penggunaan dokumen PDF meningkat dengan pesat setelah Adobe mulai mendistribusikan perangkat lunak Acrobat Reader secara gratis. Mereka juga membebaskan siapapun untuk menciptakan aplikasi pembuat maupun pembaca dokumen PDF tanpa perlu membayar royalti kepada Adobe System selaku pemegang hak paten PDF.

Format dokumen PDF mengkombinasikan tiga teknologi:

1. Sub-set dari pemrograman deskripsi halaman PostScript untuk menghasilkan tampilan dan grafik

2. Sistem penempatan/pemindahan huruf untuk mengijinkan perpindahan huruf di dalam dokumen

3. Sistem penyimpanan terstruktur untuk menempatkan dan mengkompresi elemen-elemen dokumen ke dalam satu berkas.

ODF

Open Document Format atau dikenal juga sebagai Open Document atau ODF saja, merupakan file berformat XML yang digunakan sebagai standar format file terbuka pada aplikasi-aplikasi Perkantoran (Office Suite). Aplikasi tersebut diantaranya word processing, spreadsheet, presentation dan charts.

TXT

Berkas ASCII atau teks biasa (bahasa Inggris: ‘plain text’) dalam istilah komputer, adalah suatu jenis berkas komputer yang berupa teks tidak terformat. Lawan dari jenis berkas ini adalah teks berformat. Jenis berkas ini biasanya disunting dengan menggunakan editor teks. Berkas ini biasanya hanya mengandung teks-teks yang diformat dengan menggunakan pengkodean ASCII. Berkas ini hanya terdiri atas karakter, angka, tanda baca, tabulasi, dan karakter pemisah baris (carriage return). Dalam berkas ASCII, tidak ada pemformatan yang ekstensif seperti dalam dokumen Microsoft Word atau Rich Text Format, melainkan pemformatan yang digunakan hanyalah pemformatan standar yakni ASCII.

Dalam sistem operasi Windows, berkas ASCII ini dapat dibuat dengan menggunakan program Notepad atau editor teks lainnya. Jenis ekstensi yang digunakannya adalah .txt (default), .bat, .cmd, .ini, .inf, dan masih banyak lainnya. Sistem operasi lainnya juga mengimplementasikannya, tapi beberapa sistem operasi (utamanya adalah keluarga UNIX) tidak mengharuskan adanya ekstensi berkas seperti pada Windows. Normalnya, sebagian besar berkas dalam sistem operasi UNIX merupakan berkas ASCII, kecuali berkas yang dapat dieksekusi (program). Berkas ASCII umumnya digunakan sebagai berkas teks biasa, skrip, kode sumber sebuah program (source code sebuah bahasa pemrograman), berkas konfigurasi (terutama dalam keluarga sistem operasi UNIX), atau berkas teks lainnya. Bahkan, banyak juga orang yang membuat gambar dengan menggunakan berkas ASCII, yang sering disebut sebagai ASCII Art. Karena berkas ASCII mengandung teks yang tidak diformat, berkas tersebut dapat dipahami banyak sistem operasi, karena memang ASCII adalah sebuah standar internasional (Windows, Macintosh, dan UNIX mendukung sepenuhnya standar ini). Akibatnya, berkas tersebut dapat menjadi sangat berguna dalam rangka berbagi informasi antar platform atau aplikasi.

RTF

Rich Text Format disingkat RTF adalah sebuah format dokumen yang dibuat oleh Microsoft, yang dibuat berdasarkan spesifikasi Document Content Architecture (DCA) yang dibuat oleh IBM untuk System Network Architecture (SNA). Format dokumen ini, dapat digunakan untuk mentransfer dokumen teks terformat (berbasis WYSIWYG [What You See Is What You Get]) antar aplikasi, baik itu di dalam satu platform atau platform yang berbeda seperti IBM PC dan Macintosh.

Meskipun termasuk ke dalam kelas dokumen teks terformat, format RTF ini tetap menggunakan standar pengodean ANSI ASCII, PC-8, Macintosh, Unicode atau IBM PC Character Set untuk mengontrol representasi dan pemformatan dari sebuah dokumen, baik itu ketika ditampilkan di layar ataupun ketika dicetak di atas kertas. Meskipun hanya berisi teks biasa, format ini dapat mendukung grafik dan tabel dalam sebuah dokumen, meski jika dalam dokumen terdapat gambar, ukurannya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan format biner seperti format dokumen biner semacam Microsoft Word (*.doc) atau StarOffice Writer (*.sxw).

Beberapa aplikasi yang dapat membuat dan membuka format dokumen ini antara lain:

Microsoft Word, mulai dari versi Microsoft Word 95 (versi 7.0) hingga yang terbaru.

Microsoft WordPad, yang merupakan versi Microsoft Word yang dipangkas di sana-sini.

Microsoft Works, yang merupakan sebuah program all-in-one untuk urusan pengolahan data di kantor.

OpenOffice.org Write, sebuah pengolah kata yang bersifat open-source.

StarOffice Writer, yang merupakan pendahulu dari OpenOffice.org.

WordPerfect

XPS

XML Paper Specification (XPS), adalah spesifikasi untuk page description language dan format fixed document yang awalnya dikembangkan oleh Microsoft yang kemudian distandarisasi oleh Ecma International sebagai standar internasional ECMA – 388. Spesifikasi XPS ini berbasis XML (lebih tepatnya XAML), yang berdasarkan pada jalur (sistem) pencetak baru dan format warna vektor dokumen yang mendukung kebebasan perangkat dan resolusi. XPS telah distandarisasi sebagai format dokumen standar terbuka pada 16 Juni 2009.

XPS dokumen memiliki fitur seperti warna gradien, transparansi, warna CMYK, printer kalibrasi, multi-sistem tinta dan skema printer. XPS mendukung teknologi Windows Color Sistem manajemen warna untuk konversi warna yang lebih presisi di seluruh perangkat dan jangkauan dinamis yang lebih tinggi. XPS dokumen juga mendukung perangkat lunak pengolah gambar raster (RIP) yang dapat didownload secara terpisah. Subsistem dari printer juga memiliki dukungan untuk nama warna, menyederhanakan definisi warna untuk gambar yang ditransmisikan ke printer yang mendukung warna-warna tersebut.

XPS juga mendukung gambar HD Photo yang aslinya untuk gambar raster. XPS format yang digunakan dalam file spul mewakili efek grafis canggih seperti gambar 3D, efek cahaya, dan gradien, yang diproses oleh driver printer tanpa rasterization, mencegah artefak rendering dan mengurangi beban komputasi.

EDF

Europen Data Format (EDF) adalah format data suatu file yang biasa digunakan untuk menyimpan atau bertukar data dari beberapa kanal sinyal fisika atau biologi. Format data ini dikembangkan oleh beberapa insinyur medis dari Eropa pada tahun 1987 di dalam “International Sleep Congress” di Copenhagen. Logo EDF diturunkan dari logo kongres yang berupa kacang hijau dan diambil dari cerita “The princess and the pea” karangan pengarang cerita terkenal dari Denmark Hans Christian Andersen.

Pada awalnya mereka ingin saling bertukar dan membandingkan data dari sinyal tidur dan bangun untuk dianalisis. Untuk itu mereka butuh format data standar. Maka pada suatu pagi di Leiden pada 18 April 1990, telah disetujui format data yang sangat sederhana dan umum. Format data ini kemudian dikenal dengan nama European Data Format atau disingkat EDF.

EDF dipublikasikan pada tahun 1992 di “Electroencephalography and Clinical Neurophysiology 82”, halaman 391-393. Sejak itu, EDF menjadi standar de-facto untuk merekam sinyal EEG dan PSG pada peralatan komersil dan proyek penelitian dengan banyak pusat.

Pada saat ini format data EDF sudah sangat umum dan didukung oleh beberapa software pengolah sinyal terkenal seperti Matlab, Labview dan Mathematica.

Pengembangan dari EDF, yang dinamakan EDF+, dikembangkan pada tahun 2002. EDF+ sangat kompatibel dengan EDF, oleh karena itu semua software penyunting file EDF juga dapat membuka sinyal EDF+. File EDF+ dapat juga berisi perekaman yang terinterupsi, notasi, stimulus dan even. EDF+ memperbaiki masalah utama EDF seperti masalah Y2K, little-endian integer, koma – titik) dan beberapa masalah minor di EDF.

DOC

DOC merupakan singkatan dari document. Format dokumen ini dihasilkan dari aplikasi Microsoft Word 2003.

 

PDF

PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Pada Acrobat 3-D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen tiga dimensi. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1:2008.

Ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun 1993, tingkat penggunaan dokumen berformat PDF relatif rendah. Pada saat itu perangkat lunak untuk membuat dokumen PDF (Adobe Acrobat) dan perangkat lunak untuk membacanya (Acrobat Reader, sekarang Adobe Reader) tersedia secara komersial, tidak didistribusikan gratis. Versi-versi awal PDF tidak mendukung fasilitas pranala luar, yang membuatnya kurang terintegrasi dengan World Wide Web, dan penambahan besar ukuran berkas PDF pada paket data yang dikirimkan membuatnya lambat untuk diunduh (download) dengan tingkat kecepatan modem pada saat itu. Penyebab lain kekurangpopuleran PDF pada masa itu disebabkan karena format berkas PDF harus bersaing dalam tingkat penggunaannya dengan format lain seperti Envoy, Common Ground Digital Paper, dan PostScript (.ps). PostScript adalah format yang juga diciptakan oleh Adobe dan sebagian fungsinya diimplementasikan pada PDF. Laju peningkatan penggunaan dokumen PDF meningkat dengan pesat setelah Adobe mulai mendistribusikan perangkat lunak Acrobat Reader secara gratis. Mereka juga membebaskan siapapun untuk menciptakan aplikasi pembuat maupun pembaca dokumen PDF tanpa perlu membayar royalti kepada Adobe System selaku pemegang hak paten PDF.

Format dokumen PDF mengkombinasikan tiga teknologi:

1. Sub-set dari pemrograman deskripsi halaman PostScript untuk menghasilkan tampilan dan grafik

2. Sistem penempatan/pemindahan huruf untuk mengijinkan perpindahan huruf di dalam dokumen

3. Sistem penyimpanan terstruktur untuk menempatkan dan mengkompresi elemen-elemen dokumen ke dalam satu berkas.

ODF

Open Document Format atau dikenal juga sebagai Open Document atau ODF saja, merupakan file berformat XML yang digunakan sebagai standar format file terbuka pada aplikasi-aplikasi Perkantoran (Office Suite). Aplikasi tersebut diantaranya word processing, spreadsheet, presentation dan charts.

TXT

Berkas ASCII atau teks biasa (bahasa Inggris: ‘plain text’) dalam istilah komputer, adalah suatu jenis berkas komputer yang berupa teks tidak terformat. Lawan dari jenis berkas ini adalah teks berformat. Jenis berkas ini biasanya disunting dengan menggunakan editor teks. Berkas ini biasanya hanya mengandung teks-teks yang diformat dengan menggunakan pengkodean ASCII. Berkas ini hanya terdiri atas karakter, angka, tanda baca, tabulasi, dan karakter pemisah baris (carriage return). Dalam berkas ASCII, tidak ada pemformatan yang ekstensif seperti dalam dokumen Microsoft Word atau Rich Text Format, melainkan pemformatan yang digunakan hanyalah pemformatan standar yakni ASCII.

Dalam sistem operasi Windows, berkas ASCII ini dapat dibuat dengan menggunakan program Notepad atau editor teks lainnya. Jenis ekstensi yang digunakannya adalah .txt (default), .bat, .cmd, .ini, .inf, dan masih banyak lainnya. Sistem operasi lainnya juga mengimplementasikannya, tapi beberapa sistem operasi (utamanya adalah keluarga UNIX) tidak mengharuskan adanya ekstensi berkas seperti pada Windows. Normalnya, sebagian besar berkas dalam sistem operasi UNIX merupakan berkas ASCII, kecuali berkas yang dapat dieksekusi (program). Berkas ASCII umumnya digunakan sebagai berkas teks biasa, skrip, kode sumber sebuah program (source code sebuah bahasa pemrograman), berkas konfigurasi (terutama dalam keluarga sistem operasi UNIX), atau berkas teks lainnya. Bahkan, banyak juga orang yang membuat gambar dengan menggunakan berkas ASCII, yang sering disebut sebagai ASCII Art. Karena berkas ASCII mengandung teks yang tidak diformat, berkas tersebut dapat dipahami banyak sistem operasi, karena memang ASCII adalah sebuah standar internasional (Windows, Macintosh, dan UNIX mendukung sepenuhnya standar ini). Akibatnya, berkas tersebut dapat menjadi sangat berguna dalam rangka berbagi informasi antar platform atau aplikasi.

RTF

Rich Text Format disingkat RTF adalah sebuah format dokumen yang dibuat oleh Microsoft, yang dibuat berdasarkan spesifikasi Document Content Architecture (DCA) yang dibuat oleh IBM untuk System Network Architecture (SNA). Format dokumen ini, dapat digunakan untuk mentransfer dokumen teks terformat (berbasis WYSIWYG [What You See Is What You Get]) antar aplikasi, baik itu di dalam satu platform atau platform yang berbeda seperti IBM PC dan Macintosh.

Meskipun termasuk ke dalam kelas dokumen teks terformat, format RTF ini tetap menggunakan standar pengodean ANSI ASCII, PC-8, Macintosh, Unicode atau IBM PC Character Set untuk mengontrol representasi dan pemformatan dari sebuah dokumen, baik itu ketika ditampilkan di layar ataupun ketika dicetak di atas kertas. Meskipun hanya berisi teks biasa, format ini dapat mendukung grafik dan tabel dalam sebuah dokumen, meski jika dalam dokumen terdapat gambar, ukurannya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan format biner seperti format dokumen biner semacam Microsoft Word (*.doc) atau StarOffice Writer (*.sxw).

Beberapa aplikasi yang dapat membuat dan membuka format dokumen ini antara lain:

Microsoft Word, mulai dari versi Microsoft Word 95 (versi 7.0) hingga yang terbaru.

Microsoft WordPad, yang merupakan versi Microsoft Word yang dipangkas di sana-sini.

Microsoft Works, yang merupakan sebuah program all-in-one untuk urusan pengolahan data di kantor.

OpenOffice.org Write, sebuah pengolah kata yang bersifat open-source.

StarOffice Writer, yang merupakan pendahulu dari OpenOffice.org.

WordPerfect

XPS

XML Paper Specification (XPS), adalah spesifikasi untuk page description language dan format fixed document yang awalnya dikembangkan oleh Microsoft yang kemudian distandarisasi oleh Ecma International sebagai standar internasional ECMA – 388. Spesifikasi XPS ini berbasis XML (lebih tepatnya XAML), yang berdasarkan pada jalur (sistem) pencetak baru dan format warna vektor dokumen yang mendukung kebebasan perangkat dan resolusi. XPS telah distandarisasi sebagai format dokumen standar terbuka pada 16 Juni 2009.

XPS dokumen memiliki fitur seperti warna gradien, transparansi, warna CMYK, printer kalibrasi, multi-sistem tinta dan skema printer. XPS mendukung teknologi Windows Color Sistem manajemen warna untuk konversi warna yang lebih presisi di seluruh perangkat dan jangkauan dinamis yang lebih tinggi. XPS dokumen juga mendukung perangkat lunak pengolah gambar raster (RIP) yang dapat didownload secara terpisah.[3] Subsistem dari printer juga memiliki dukungan untuk nama warna, menyederhanakan definisi warna untuk gambar yang ditransmisikan ke printer yang mendukung warna-warna tersebut.

XPS juga mendukung gambar HD Photo yang aslinya untuk gambar raster.[4] XPS format yang digunakan dalam file spul mewakili efek grafis canggih seperti gambar 3D, efek cahaya, dan gradien, yang diproses oleh driver printer tanpa rasterization, mencegah artefak rendering dan mengurangi beban komputasi.

EDF

Europen Data Format (EDF) adalah format data suatu file yang biasa digunakan untuk menyimpan atau bertukar data dari beberapa kanal sinyal fisika atau biologi. Format data ini dikembangkan oleh beberapa insinyur medis dari Eropa pada tahun 1987 di dalam “International Sleep Congress” di Copenhagen. Logo EDF diturunkan dari logo kongres yang berupa kacang hijau dan diambil dari cerita “The princess and the pea” karangan pengarang cerita terkenal dari Denmark Hans Christian Andersen.

Pada awalnya mereka ingin saling bertukar dan membandingkan data dari sinyal tidur dan bangun untuk dianalisis. Untuk itu mereka butuh format data standar. Maka pada suatu pagi di Leiden pada 18 April 1990, telah disetujui format data yang sangat sederhana dan umum. Format data ini kemudian dikenal dengan nama European Data Format atau disingkat EDF.

EDF dipublikasikan pada tahun 1992 di “Electroencephalography and Clinical Neurophysiology 82”, halaman 391-393. Sejak itu, EDF menjadi standar de-facto untuk merekam sinyal EEG dan PSG pada peralatan komersil dan proyek penelitian dengan banyak pusat.

Pada saat ini format data EDF sudah sangat umum dan didukung oleh beberapa software pengolah sinyal terkenal seperti Matlab, Labview dan Mathematica.

Pengembangan dari EDF, yang dinamakan EDF+, dikembangkan pada tahun 2002. EDF+ sangat kompatibel dengan EDF, oleh karena itu semua software penyunting file EDF juga dapat membuka sinyal EDF+. File EDF+ dapat juga berisi perekaman yang terinterupsi, notasi, stimulus dan even. EDF+ memperbaiki masalah utama EDF seperti masalah Y2K, little-endian integer, koma – titik) dan beberapa masalah minor di EDF.

DOC

DOC merupakan singkatan dari document. Format dokumen ini dihasilkan dari aplikasi Microsoft Word 2003.

Entry filed under: Others.

Tokoh Sukses Bisnis Online Compare OS Android 2.2 (Froyo) vs 2.3 (Gingerbread)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Maret 2011
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: